RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
DENGAN MODEL TEMATIK
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas
/ Semester : II (dua) / 2 (dua)
Tema : Keluagaku
Waktu : 1 x 25 menit (1 x
pembelajaran)
I.
Tahap Perencanaan
A.
Standar
Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator (Indk)
1.
Bahasa
Indonesia
SK :
Mendengarkan
5. Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
KD : 5.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada
orang lain
Indk :
menyampaikan pesan pendek yang didengarnya
2.
IPS
SK : 2. Memahami kedudukan dan
peran anggota keluarga dalam keluarga dan lingkungan tetangga
KD : 2.1 Mendeskripsikan
kedudukan dan peran anggota keluarga
Indk : Menyebutkan peran anggota
keluarga
3.
PKn
SK : 3. Menyampaikan sikap
demokratis
KD : 3.1 Mengenal kegiatan musyawarah
Indk : Menyebutkan contoh kegiatan
musyawarah
B.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Bahasa
Indonesia
Dengan permainan pesan berantai, siswa dapat menyampaikan
pesan pendek yang didengarnya dengan benar
2.
IPS
Dengan
diskusi, siswa dapat menyebutkan peran anggota keluarga
dengan benar
3.
PKn
Dengan
Tanya jawab, siswa dapat menyebutkan contoh kegiatan
musyawarah dengan benar
C.
Dampak
Pengiring
Setelah
mengikuti proses pembelajaran siswa dapat menanamkan sikap cermat, teliti dan
kerja sama
D.
Rancangan
Aktivitas Belajar
1.
Curah
pendapat tentang tema keluargaku
2.
Kontrak
belajar dengan siswa
3.
Permainan pesan berantai
4.
Menyebutkan
peran
anggota keluarga
5.
Menyebutkan contoh musyawarah
E.
Jaringan
Konsep
Bahasa
Indonesia

IPS PKn
F.
Media
dan Sumber Belajar
-
TIM
BSNP. 2006. Standar Isi Kurikulum KTSP
untuk SD/MI. Jakarta: Depdiknas
II. Tahap
Pelaksanaan
A.
Kegiatan
Pendahuluan
1.
Salam
dan doa
2.
Mengecek
kehadiran siswa
3.
Memeriksa
kebersihan kelas
4.
Apersepsi
5.
Menyampaikan
materi dan tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan
Inti
1.
Guru
membacakan sebuah teks didepan kelas.
2.
Guru
membagi
siswa menjadi 4 kelompok
3.
Guru
menjelaskan
aturan permainan pesan berantai
4.
Guru meminta perwakilan siswa untuk dibisikan sebuah kalimat
5.
Siswa barisan terakhir dalam kelompok menuliskan kalimat yang
didengarnya dipapan tulis.
6.
Guru mengoreksi hasil pekerjaan siswa dipapan tulis.
7.
Guru menugaskan tiap kelompok untuk mendiskusikan peran anggota
keluarga.
8.
Perwakilan siswa maju kedepan untuk menyebutkan peran anggota keluarga
9.
Siswa
yang lain menanggapi jawaban teman-temannya
10.
Guru bersama siswa bertanya jawab tentang kegiatan bermusyawarah.
11.
Siswa
bertanya jawab kepada guru mengenai hal-hal yang belum diketahui
III. Tahap
Kulminasi
A.
Evaluasi
Proses
1.
Mengevaluasi
keberanian siswa dalam mempresentasikan hasil kerja
2.
Mengamati
keaktifan siswa dalam proses pembelajaran
3.
Mengevaluasi
kerjasama siswa dalam mengerjakan tugas
B.
Evaluasi
Hasil Belajar
1.
Hasil
Kerja Individu mengerjakan soal latihan
2.
Benar
dalam
menulis hasil permainan pesan berantai
3.
Benar dalam menyebutkan contoh musyawarah
Pontianak,
12 juni 2013
Mengetahui,
Dosen
Pembimbing Praktikkan,
Dr.
Tahmid Sabri, M.Pd Kelompok
7
0 komentar:
Posting Komentar