css Darmania : RPP SKENARIO

RPP SKENARIO


ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS III SD




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar
Kelas/semester                        : III / 1
Mata pelajaran                         : Ilmu Pengetahuan Alam
Jumlah pertemuan                   : 2 x 35 menit ( 1x pertemuan )

I.          Standar Kompetensi
1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan mahluk hidup serta hal-hal yang    mempengaruhi perubahan pada mahluk hidup.

II.          Kompetensi Dasar
1.2 Menggolongkan mahluk hidup secara sederhana

III.          Indikator Pencapaian Kompetensi
Menyebutkan hewan berdasarkan tempat hidupnya

IV.          Tujuan Pembelajaran
Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan lingkungan tempat hidup hewan.

V.          Materi Ajar
A.    penggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya
1.      Berdasarkan tempat hidupnya hewan di golongkan menjadi tiga yaitu :
a.       Hewan Darat
Hewan darat ialah hewan yang tempat hidupnya di darat. misalnya kucing, ayam, bebek, sapi, kambing.

b.      Hewan Air
Hewan Air ialah hewan yang hidup di air. Hewan air dapat di bedakan menjadi tiga kelompok yaitu hewan air tawar, hewan air laut, dan hewan air payau.
1.       Hewan yang hidup di air tawar antara lain pesut, ikan mas, lele, arwana, koi, mujair, dan sepat.
2.      Hewan yang hidup di air laut antara lain berbagai jenis ikan ( kakap, tongkol ), anjing laut, lumba-lumba, paus.
3.      Hewan yang hidup di air payau adalah ikan bandeng.

c.       Hewan Amfibi
Hewan Amfibi ialah hewan yang hidup di dua alam, yaitu di air dan di darat. Hampir semua jenis hewan amfibi memulai hidupnya di air. Setelah dewasa, hewan tersebut mengalami perubahan bentuk tubuh sehingga dapat hidup didarat. Contoh hewan amfibi adalah katak dan salamander.
Hewan amfibi dewasa dapat hidup didarat. Akan tetapi, kulit hewan amfibi harus selalu lembap. Hal itu karena selain bernapas dengan paru-paru, hewan amfibi juga bernapas melalui kulitnya yang lembap. Oleh karena itu, hewan amfibi harus hidup juga di air agar kulitnya tetap lembap.

VI.          Alokasi Waktu: 2 x 35 menit

VII.          Metode Pembelajaran
a)      Diskusi
b)      Tanya jawab
c)      Pemberian tugas

VIII.          Kegiatan Pembelajaran
a)      Kegiatan pendahuluan
1)        Salam
2)        Doa
3)        Mengecek kehadiran siswa
4)        Apersepsi
“Anak-anak sebelum memulai pelajaran ibu ingin menanyakan tentang materi minggu lalu, ayo siapa yang masih ingat pelajaran minggu lalu.
5)        Informasi materi dan tujuan pembelajaran pelajaran yang akan disampaikan.
“Baiklah anak-anak, pada hari ini kita akan belajar tentang penggolongan mahluk hidup berdasarkan tempat hidupnya. Ibu harap, dalam pembelajaran ini kalian dapat menyebutkan tempat hidup hewan.

b)      Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
1)      Guru menanyakan kepada siswa apakah pernah ke kebun binatang.
“anak-anak sekalian siapa dari kalian yang pernah pergi ke kebun binatang?
2)      Guru menanyakan hewan apa saja yang ada di kebun binatang.
“nah, jika kalian pernah ke kebun binatang, hewan apa saja yang kalian lihat di kebun binatang tersebut.
2.      Elaborasi
1)      Guru membagi siswa kedalam 3 kelompok untuk berdiskusi
2)      Siswa mengamati media gambar hewan, agar dapat menempelkan nama tempat tinggal hewan sesuai dengan gambar hewan.
“Anak-anak, ibu akan membagikan gambar untuk setiap kelompok. Masing-masing kelompok akan mendapatkan gambar hewan dan nama tempat tinggal hewan”. Setelah ibu bagikan silahkan kalian amati kemudia kalian tempelkan nama tempat tinggal hewan sesuai dengan gambar hewan.”.

3)      Siswa dibimbing oleh guru memasangkan nama tempat tinggal hewan sesuai dengan gambar hewan.
4)      Guru membimbing siswa mempresentasikan hasil diskusi kedepan kelas :

3.      Konfirmasi
1)      Guru menjelaskan tentang apa yang sudah di dapatkan siswa dari hasil diskusi.
2)      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.

c)      Kegiatan Akhir (15 menit)
1.      Penilaian (guru memberi soal untuk dikerjakan siswa secara individu, guru memberikan waktu 5 menit untuk siswa menjawab soal)
2.      Guru melakukan refleksi dan tindak lanjut.
3.      Guru menutup kegiatan pembelajaran.


 IX.            Alat /media dan Sumber Belajar
a)    Media
Ø Gambar
Ø  Kertas manila
Ø Kartu yang bertuliskan tempat tinggal hewan
b)      Sumber belajar
1.      KTSP TIM BSNP. 2006. Standar isi kurikulum KTSP untuk SD/MI. Depdiknas. Jakarta.
2.      Drs. Haryono. Sains untuk SD kelas IV. Penerbit Erlagga : Jakarta.

 
X.              Penilaian Pembelajaran
Prosedur Tes        : hasil
Bentuk Tes          : essay
Jenis Tes              : tulisan

Soal Essay !
1.      Sebutkan jenis-jenis hewan amfibi ?
2.      Sebutkan 3 hewan yang hidup di darat ?
3.      Anjing laut termasuk hewan ?
4.      Sebutkan 3 hewan yang hidup di air tawar ?
Kunci jawaban :
1.      Salamander dan katak
2.      Ayam, sapi, kambing
3.      Hewan air
4.      Pesut, ikan mas, lele
            Penskoran:
No
Penilaian/soal
Skor
1
Jawaban benar
20
2
Jawaban benar
20
3
Jawaban benar
20
4
Jawaban benar
20

Skor maksimal
100



                                                                     

1 komentar:

Hery Kresnadi mengatakan...

kurang sesuai dgn prinsip umum pembelajaran ipa

Posting Komentar