ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS III SD
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah
Dasar
Kelas/semester : III / 1
Mata
pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Jumlah
pertemuan : 2 x 35 menit ( 1x pertemuan )
I.
Standar
Kompetensi
1.
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan mahluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada mahluk hidup.
II.
Kompetensi
Dasar
1.2
Menggolongkan mahluk hidup secara sederhana
III.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Menyebutkan
hewan berdasarkan tempat hidupnya
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan
tanya jawab, siswa dapat menyebutkan lingkungan tempat
hidup hewan.
V.
Materi
Ajar
A.
penggolongan
hewan berdasarkan tempat hidupnya
1. Berdasarkan
tempat hidupnya hewan di golongkan menjadi tiga yaitu :
a. Hewan
Darat
Hewan darat ialah hewan
yang tempat hidupnya di darat. misalnya kucing, ayam, bebek, sapi, kambing.
b. Hewan
Air
Hewan Air ialah hewan
yang hidup di air. Hewan air dapat di bedakan menjadi tiga kelompok yaitu hewan
air tawar, hewan air laut, dan hewan air payau.
1. Hewan yang hidup di air tawar antara lain
pesut, ikan mas, lele, arwana, koi, mujair, dan sepat.
2. Hewan
yang hidup di air laut antara lain berbagai jenis ikan ( kakap, tongkol ),
anjing laut, lumba-lumba, paus.
3. Hewan
yang hidup di air payau adalah ikan bandeng.
c. Hewan
Amfibi
Hewan Amfibi ialah
hewan yang hidup di dua alam, yaitu di air dan di darat. Hampir semua jenis
hewan amfibi memulai hidupnya di air. Setelah dewasa, hewan tersebut mengalami
perubahan bentuk tubuh sehingga dapat hidup didarat. Contoh hewan amfibi adalah
katak dan salamander.
Hewan amfibi dewasa
dapat hidup didarat. Akan tetapi, kulit hewan amfibi harus selalu lembap. Hal
itu karena selain bernapas dengan paru-paru, hewan amfibi juga bernapas melalui
kulitnya yang lembap. Oleh karena itu, hewan amfibi harus hidup juga di air
agar kulitnya tetap lembap.
VI.
Alokasi
Waktu: 2 x 35 menit
VII.
Metode
Pembelajaran
a) Diskusi
b) Tanya
jawab
c) Pemberian
tugas
VIII.
Kegiatan
Pembelajaran
a) Kegiatan
pendahuluan
1)
Salam
2)
Doa
3)
Mengecek kehadiran
siswa
4)
Apersepsi
“Anak-anak
sebelum memulai pelajaran ibu ingin menanyakan tentang materi minggu lalu, ayo
siapa yang masih ingat pelajaran minggu lalu.
5)
Informasi materi dan
tujuan pembelajaran pelajaran yang akan disampaikan.
“Baiklah anak-anak,
pada hari ini kita akan belajar tentang
penggolongan mahluk hidup berdasarkan tempat hidupnya.
Ibu harap, dalam
pembelajaran ini kalian dapat menyebutkan tempat
hidup hewan.
b) Kegiatan
Inti
1.
Eksplorasi
1)
Guru menanyakan kepada siswa apakah pernah ke kebun binatang.
“anak-anak sekalian siapa dari kalian yang pernah pergi ke kebun
binatang?
2)
Guru menanyakan hewan apa saja yang ada di kebun binatang.
“nah,
jika kalian pernah ke kebun binatang, hewan apa saja yang kalian lihat di kebun
binatang tersebut.
2.
Elaborasi
1) Guru
membagi siswa kedalam 3 kelompok untuk berdiskusi
2) Siswa
mengamati media gambar
hewan, agar dapat menempelkan nama
tempat tinggal hewan sesuai dengan gambar hewan.
“Anak-anak, ibu akan
membagikan gambar untuk setiap kelompok. Masing-masing kelompok akan
mendapatkan gambar hewan dan nama
tempat tinggal hewan”. Setelah ibu bagikan silahkan kalian amati kemudia kalian tempelkan nama tempat tinggal hewan
sesuai dengan gambar hewan.”.
3) Siswa
dibimbing oleh guru memasangkan nama
tempat tinggal hewan sesuai dengan gambar hewan.
4) Guru
membimbing siswa mempresentasikan hasil diskusi kedepan kelas :
3.
Konfirmasi
1)
Guru menjelaskan
tentang apa yang sudah di dapatkan siswa dari hasil diskusi.
2)
Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
c) Kegiatan
Akhir (15 menit)
1. Penilaian (guru memberi soal
untuk dikerjakan siswa secara individu,
guru memberikan waktu 5 menit untuk siswa menjawab
soal)
2. Guru
melakukan refleksi dan tindak lanjut.
3. Guru
menutup kegiatan pembelajaran.
IX.
Alat
/media dan Sumber Belajar
a) Media
Ø Gambar
Ø Kertas manila
Ø Kartu yang bertuliskan tempat tinggal hewan
b) Sumber
belajar
1. KTSP
TIM BSNP. 2006. Standar isi kurikulum KTSP untuk SD/MI. Depdiknas. Jakarta.
2. Drs.
Haryono. Sains untuk SD kelas IV. Penerbit Erlagga : Jakarta.
X.
Penilaian
Pembelajaran
Prosedur Tes : hasil
Bentuk
Tes : essay
Jenis
Tes : tulisan
Soal Essay !
1.
Sebutkan jenis-jenis
hewan amfibi ?
2. Sebutkan 3 hewan yang hidup di darat ?
3. Anjing laut termasuk hewan ?
4.
Sebutkan 3 hewan yang
hidup di air tawar ?
1. Salamander
dan katak
2. Ayam, sapi, kambing
3. Hewan air
4. Pesut,
ikan mas, lele
Penskoran:
No
|
Penilaian/soal
|
Skor
|
1
|
Jawaban
benar
|
20
|
2
|
Jawaban
benar
|
20
|
3
|
Jawaban
benar
|
20
|
4
|
Jawaban
benar
|
20
|
Skor maksimal
|
100
|
1 komentar:
kurang sesuai dgn prinsip umum pembelajaran ipa
Posting Komentar