css Darmania : RPP MODEL TEMATIK

RPP MODEL TEMATIK



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
DENGAN MODEL TEMATIK

Satuan Pendidikan        : Sekolah Dasar
Kelas / Semester           : II (dua) / 2 (dua)
Tema                             : Keluagaku
Waktu                           : 1 x 25 menit (1 x pembelajaran)

I.         Tahap Perencanaan
A.    Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator (Indk)
1.      Bahasa Indonesia
SK       :    Mendengarkan
                 5. Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
KD      :    5.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain
Indk    :    menyampaikan pesan pendek yang didengarnya
2.      IPS
SK       :    2. Memahami kedudukan dan peran anggota keluarga dalam keluarga dan lingkungan tetangga
KD      :    2.1 Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga
Indk    :    Menyebutkan peran anggota keluarga
3.      PKn
SK       :    3. Menyampaikan sikap demokratis
KD      :    3.1 Mengenal kegiatan musyawarah
Indk    :    Menyebutkan contoh kegiatan musyawarah


B.     Tujuan Pembelajaran
1.      Bahasa Indonesia
Dengan permainan pesan berantai, siswa dapat menyampaikan pesan pendek yang didengarnya dengan benar

2.      IPS
Dengan diskusi, siswa dapat menyebutkan peran anggota keluarga dengan benar
3.      PKn
Dengan Tanya jawab, siswa dapat menyebutkan contoh kegiatan musyawarah dengan benar

C.     Dampak Pengiring
Setelah mengikuti proses pembelajaran siswa dapat menanamkan sikap cermat, teliti dan kerja sama

D.    Rancangan Aktivitas Belajar
1.      Curah pendapat tentang tema keluargaku
2.      Kontrak belajar dengan siswa
3.      Permainan pesan berantai
4.      Menyebutkan peran anggota keluarga
5.      Menyebutkan contoh musyawarah

E.     Jaringan Konsep
                                                         Bahasa Indonesia
 




IPS                                                                                            PKn

F.      Media dan Sumber Belajar
-          TIM BSNP. 2006. Standar Isi Kurikulum KTSP untuk SD/MI. Jakarta: Depdiknas



II.      Tahap Pelaksanaan
A.    Kegiatan Pendahuluan
1.      Salam dan doa
2.      Mengecek kehadiran siswa
3.      Memeriksa kebersihan kelas
4.      Apersepsi
5.      Menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran

B.     Kegiatan Inti
1.        Guru membacakan sebuah teks didepan kelas.
2.        Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok
3.        Guru menjelaskan aturan permainan pesan berantai
4.        Guru meminta perwakilan siswa untuk dibisikan sebuah kalimat
5.        Siswa barisan terakhir dalam kelompok menuliskan kalimat yang didengarnya dipapan tulis.
6.        Guru mengoreksi hasil pekerjaan siswa dipapan tulis.
7.        Guru menugaskan tiap kelompok untuk mendiskusikan peran anggota keluarga.
8.        Perwakilan siswa maju kedepan untuk menyebutkan peran anggota keluarga
9.        Siswa yang lain menanggapi jawaban teman-temannya
10.    Guru bersama siswa bertanya jawab tentang kegiatan bermusyawarah.
11.    Siswa bertanya jawab kepada guru mengenai hal-hal yang belum diketahui

III.   Tahap Kulminasi
A.    Evaluasi Proses
1.      Mengevaluasi keberanian siswa dalam mempresentasikan hasil kerja
2.      Mengamati keaktifan siswa dalam proses pembelajaran
3.      Mengevaluasi kerjasama siswa dalam mengerjakan tugas

B.     Evaluasi Hasil Belajar
1.      Hasil Kerja Individu mengerjakan soal latihan
2.      Benar dalam menulis hasil permainan pesan berantai
3.      Benar dalam menyebutkan contoh musyawarah




                                                                                          Pontianak, 12 juni 2013
Mengetahui,                                                                     
Dosen Pembimbing                                                           Praktikkan,


Dr. Tahmid Sabri, M.Pd                                                   Kelompok 7

0 komentar:

Posting Komentar