css Darmania : Tips Pembelajaran Matematika

Tips Pembelajaran Matematika

Mengajar matematika untuk siswa SD merupakan hal yang penting, karena ini merupakan dasar keberhasilan belajar matematika di kemudian hari. Di sini dibutuhkan kemampuan mengingat fakta-fakta. Hal ini dikarenakan siswa yang tidak memiliki kemampuan aritmatika, harus berjuang keras di tingkat yang lebih tinggi (SMP/SMA). Meskipun demikian matematika harus menyenangkan dan menarik.
Matematika dapat menyenangkan dan menarik tentunya bila diajarkan dengan metodologi dan menggunakan alat peraga yang sesuai dengan topik pembahasan. Magic Disc dirancang khusus untuk siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Di desain sedemikian rupa untuk menarik perhatian siswa belajar sambil bermain. Ketika siswa terlibat dalam pembelajaran matematika, mereka tidak sekedar menghafalkan rumus-rumus dan fakta-fakta tertentu. Membuat lembar kerja dan menyelesaikan persoalan matematika di papan tulis akan jauh lebih menantang, dan akan sangat mudah bila menggunakan Magic Disc.
Penggunaan Magic Disc sebagai media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif akan membawa dampak psikis pada siswa. Dan disinilah dibutuhkan kreatifitas dalam penggunaan teknologi. Berikut beberapa terobosan dalam memanfaatkan Magic Disc sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa SD. Berikut beberapa pendekatan metodelogi yang dapat diterapkan dalam pengajaran matematika dengan menggunakan Magic Disc:


1. Tanya-Jawab
Dengan cara ini akan membuat siswa lebih memberikan respon dari pada hanya menuliskan di papan dan pembelajaran yang bersifat satu arah.
2. Mengumpulkan data
Cara ini akan memberikan kesan bahwa matematika sebenarnya ada dalam diri mereka, di sekitar mereka. Dan mereka dapat mengumpulkan fakta-fakta tentang mereka dengan mudah. Misalkan menghitung panjang berbagai objek yang ada di kelas mereka, atau bentuk bangun yang ada pada lingkaran Magic Disc
3. Game bilangan bulat positif dan negatif
4. Multiplication Challenge
5. Geometri dalam kehidupan nyata
6. Soal-soal matematika mingguan
7. Penggunaan website matematika yang interktif
8. Math Webquest
9. Penggunaan Geoboards dll.
Tentu saja hal ini disesuaiakan dengan kondisi lingkungan sekolah Anda. Penggunaan Magic Disc sebagai media pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sekitar dan dekat dengan kehidupan siswa jauh akan lebih mudah terserap ke siswa. Selamat mencoba……….. !

0 komentar:

Posting Komentar